Wednesday, December 17, 2008

Fiksi Film Terbaik FFI 2008

13 Desember 2008 00:59 WIB
Sutradara film 'Fiksi' Moully Surya-- ANTARA/HERU SALIM
JAKARTA--MI: Film Fiksi terpilih sebagai film terbaik versi Festival Film Indonesia (FFI) 2008 yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Jawa Barat atau yang dikenal dengan nama Gedung Sate, Jumat malam. 

Kemenangan film Fiksi ditentukan pilihan para juri yang terdiri dari ketua dewan juri film bioskop Niniek L Karim, ketua dewan juri untuk film dokumenter Iwan Wahab, dan Hardo Sukoyo sebagai ketua dewan juri film pendek. 

FFI kali ini didominasi banyak sutradara muda. Uniknya lagi, ada empat sutradara perempuan yang masuk daftar nominasi menemani Garin Nugroho, satu-satunya sutradara pria senior. 
Tahun ini jumlah film yang masuk untuk dinilai sebanyak 50 judul, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 40 judul film. 

Berbeda dengan pergelaran sebelumnya, kali ini FFI digelar dengan konsep festival jalanan di depan Gedung Sate. Konsep itu bertujuan menghilangkan kesan eksklusif dan lebih dekat pada masyarakat pencinta film Indonesia. 

Di tempat terbuka itu, para artis yang datang disambut melalui prosesi ala red carpet. ''Kami sengaja menghadirkan acara di tempat terbuka agar masyarakat merasa dekat dengan orang-orang film,'' kata Ketua Panitia Pelaksana FFI Akhlis Suryapati. 

Hal lain yang juga berbeda dengan FFI sebelumnya adalah Piala Citra dengan desain baru bertemaBangkit menuju citra baru. Piala Citra desain baru itu menggantikan piala rancangan seniman patung Sidharta (almarhum) yang telah digunakan sepanjang FFI berlangsung sejak 1966. 

Turut hadir pula Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, dan Direktur Film Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Ukus Koswara. 

Ada dua panggung yang dipersiapkan untuk FFI, yakni panggung penghargaan dan panggung hiburan yang diisi beberapa grup penyanyi terkenal seperti Tata Dewi-Dewi, Changcuters, dan Gita Gutawa. (Eri/M-6)

4 comments:

Anonymous said...

Hi guys,

Do you want to learn about movie rating?
RateThisMovie is a great website where you can learn about the top performing movies

Rate this Movie is a big movie community where you can learn about the top performing movies.

Click here to learn about [url=http://ratethismovie.net]movies ratings[/url]

Anonymous said...

Hello guys,

Do you want to watch the new movie the last exorcism online ? It is not released yet but you can watch the last exorcism online for free already!

Click here to [url=http://watchthelastexorcismonline.net/watch-the-last-exorcism-online-free.php]watch the last exorcism online[/url]

Anonymous said...

Hi guys,

Would you like to play solitaire online?
[url=http://sprintsolitaire.com]SprintSolitaire[/url] is the best place to play solitaire online!

With exclusive Solitaire variation like Spider you will always enjoy the game!

Are you ready to play solitaire?

Click here to [url=http://sprintsolitaire.com]play solitaire[/url]

Anonymous said...

Hi guys,

Would you like to learn about movies ratings?
RateThisMovie is a great website where you can learn about the top performing movies

Rate this Movie is a big movie community where you can learn about the top performing movies.

Click here to learn about [url=http://ratethismovie.net]movies ratings[/url]